Rabu, 01 Agustus 2012

APLIKASI DESAIN GRAFIS DI LINUX


Inkscape (grafis) adalah aplikasi editor grafis vektor yang mirip dengan Illustrator, CorelDraw atau Freehand menggunakan Vector Graphics standar W3C Scalable (SVG) format file. Inkscape relatif mudah untuk mengeksekusi dan tidak memerlukan banyak pengalaman untuk dapat menggunakannya. Pengguna-keramahan dari Inkscape membuat Anda menyadari bahwa tidak ada banyak perbedaan antara kemampuan dan pengalaman pengguna Inkscape dan Adobe Illustrator. Namun, kreativitas sesuatu yang ilustrator atau desainer harus dimiliki, jadi jangan mengharapkan keajaiban. Inkscape adalah cross-platform dan beroperasi pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac dan semua varian dari Linux.Inkscape impor format seperti PNG, JPEG, TIFF dan PNG ekspor serta format berbasis vektor ganda. Bentuk, teks, spidol, mengubah, pola, klon, jalan, gradien, alpha blending, dan pengelompokan mendukung fitur yang disertakan dalam program ini.


BLENDER (ANIMASI 3D)
Blender merupakan software animasi 3D yang open source dan free di lingkungan windows, MacOS dan Linux. Software ini bisa di download di situs resminya www.blender.org. Pada ubuntu versi 9.10 atau diatasnya, Blender ini masih dideteksi versi 2.49 sehingga ketika Anda menginstall blender By Default maka akan terinstall versi 2.49. Berikut cara nya bila ingin menginstal atau mengupgrade Blender 2.49 bila sudah terinstall versi 2.49

kemudian ketikkan command untuk install Blender 2.56
sudo apt-get install blen1. ketikkan command berikut pada terminal console:
sudo add-apt-repository ppa:cheleb/blender-svn && sudo apt-get update
2. der
3. Setelah selesai, cobalah jalankan Blender maka akan terinstall versi terbaru seperti gambar di bawah ini


GAMBAS (PROGGRAMMING)
saat ini banyak bahasa pemrograman yang hampir sama dengan Visual Basic di buat. Salah satu contohnya adalah Gambas (http://gambas.sourceforge.net) . Aplikasi sambas untuk shutdown otomatis. Bahasa pemrograman yang dibuat oleh Benoit Minisini mempunyai beberapa perbedaan dengan bahasa pemrograman yang lain, perbedaan itu adalah :
1. Projek gambas di simpan dalam satu direktori
2. Kompilasi sebuah projek hanya membutuhkan semua class (objek tambahan tidak dibutuhkan) , Setiap objek tambahan dari class di kompil terpisah ketika aplikasi di jalankan.
3. Secara normal, interpreter gambas hanyalah program pengolah kata biasa.
Program gambas saat ini telah di buat untuk berbagai versi linux, seperti Mandrake, Fedora, FreeBSD, QiLinux, Slackware, SuSE, Xandros dan lain-lainnya.

 XMMS (music player)
Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menjalankan MP3 pada sistem Linux adalah XMMS. Keunggulan utama dari XMMS adalah tampilannya yang sangat mirip dengan Winamp, aplikasi MP3 yang populer di dunia Windows.
Secara default, OpenSUSE tidak menyertakan dukungan MP3 karena alasan lisensi, namun kita dapat menambahkan plugin untuk ini, berikut adalah caranya :
  1. Install XMMS melalui YAST
  2. Download MP3 Plugins untuk XMMS SUSE.
  3. Install File Plugins






 KINO (VIDEO EDITOR)
Di Lingkungan GNU/Linux terdapat 2 paket yang dapat digunakan untuk membuat dan editing digital media. cinelerra, dan kino. Kino biasa digunakan untuk membuat digital video sederhana, jadi sangat cocok untuk pemula. selain ringan, kino juga simple, mudah digunakan, dan anda hanya perlu meluanngkan waktu sedikit untuk beradaptasi. tidak seperti cenelerra, kino hanya membutuhkan memori 128 MB, Processor 1 Ghz, dan space sebesar 40 GB.
kino menghasilkan video berformat AVI dan DV. setelah melakukan editing, anda dapat mengexport ke format MPEG dan MP3. selain itu kino juga mendukung IEEE-1394, firewire yang digunakan untuk menghubungkan hardware video yang berbeda, dan juga mendukung USB drive input. kino dapat digunakan untuk filters, effect, dan video transisi, termasuk fitur “fade in.out” dan “mix”.
kino juga mememiliki kekurangan karena merupakan low-end video editor, tidak mendukung multiple layer atau audio/video track, yang artinya tidak dapat digunakan untuk editing yang membutuhkan effect audio dan video yang komplex. selain itu firewire hanya dapat digunakan untuk digital video camcoder, digital camera tidak akan berfungsi sekalipun dia memiliki firewire interface.

1 komentar:

  1. makasih infonya gan..
    sangat bermanffat bwt saya yg masih awam di dunia grafiss...
    pokoe mantaaappp...:D

    silakan mampir kesini gan ...
    www.gentasurabaya.com

    BalasHapus